Pages

BP. Powered by Blogger.

Monday, March 12, 2012

Cara Sederhana Mempertajam Daya Ingat

     Seiring dengan bertambahnya usia, daya ingat seseorang semakin berkurang. Hal ini wajar karena semakin tuan, sel-sel otak manusia berkurang kemampuannya. Akan tetapi ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan daya ingat.

1. Makanan
      Asupan makanan berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang. Minyak ikan telah dikenal banyak orang dapat mempertajam daya ingat. Ada bahan makanan lainnya yang juga dapat mempertajam daya ingat, misal bahan berwarna merah dan ungu seperti blueberry, buah bit, dan bawang merah. Bahan makanan kaya asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat menjaga kesehatan otak.

2. Air Putih
     Fakta menunjukkan bahwa seluruh organ tubuh dapat berfungsi dengan baik ketika mendapat asupan air cukup, tidak terkecuali otak. Biasakan minum 6-8 gelas air putih sehari.

3. Tidur Cukup
     Tidur dibutuhkan agar sel-sel tubuh beristirahat dan bergenerasi termasuk sel-sel otak. Waktu tidur tidak harus lama, yang penting kualitas tidurnya. Tidur yang baik adalah tidur yang sehat dan berkualitas. Ketika bangun tidur badan dan pikiran anda fresh, menandakan tidur anda berkualitas. Oleh sebab itu, ciptakan kerja sama yang bagus antara fisik dan mental agar tidur anda sehat dan berkualitas.

4. Santai
     Beban pembelajran yang terlalu berat membuat kerja otak melemah dan sulit berkonsentrasi. Beristirahatlah sejenak ketika merasa sulit berkonsentrasi atau pikiran anda penat. Selama beristirahat lakukan kegiatan ringan seperti membaca buku atau mendengarkan lagu kesukaan anda untuk memulihkan kerja otak.

5. Olahraga
     Latihan fisik seperti joging dan aerobik dapat merangsang perbaikan sirkulasi darah. Sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan meningkatkan aliran oksigen ke otak yang sangay bermanfaat unutk mempertajam kemampuan berpikir.

6. Bertamasya ke Masa Lalu
     Melihat kembali hal-hal pada masa lalu secara tidak langsung melatih ingatan jangka panjang. Misal saat pulang kampung, cobalah memunculkan kembali kenangan masa kecil.

7. Berpikir
    Saat menghadapi ujian terkadangn pikiran menjadi tengang. Akibatnya anda susah menjawab soal-soal ujian, padahal semalam materi itu telah anda baca. Hal itu sangat menjengkelkan, bukan ? Jangan panik ! Ada cara mudah mengatasi hal itu. Tenangkan diri sesaat sambil memikirkan hal-hal ringan seperti jenis buah-buahan, jenis olahraga air, atau nama-nama sahabat. Aktifitas sederhana ini terbukti mampu membantu anda untuk lebih cepat mengingat hal penting yang anda lupakan.

8. Berpikir Lewat Gambar
    Gambar dapat mewakilli lebih dari 1.000 kata. Ungkapan itu tidak salah. Anda akan lebih mudah mengingat meteri pelajaran jika dibantu gambar. Gambar di sini tidak saja ilustrasi, tetapi dapat berupa diagram, tabel, atau skema.

9. Senam Otak
    Seperti halnya sel-sel otot, sel-sel otak perlu dilatih secara berkala. Caranya, buat tantangan atau tebak-tebakan untuk diri sendiri yang dapat mengasah ingatan. Misal menyebutkan judul lagu-lagu lama, mengingat bait puisi tertentu, atau menyebutkan 10 barang yang ada di kulkas.

10. Permainan Asah Otak
     Sepertinya kuran kerjaan jika melihat seseorang sedang mengisi teka-teki silang. Namun, tahukah anda kegiatan itu ternyata sangat bermanfaat ? Kebiasaan mengisi teka-teki silang yang tersedia di koran atau memainkan sudoku bermanfaat unutk meningkatkan daya ingat seseorang.

1 comments

caramengobati4 May 29, 2013 at 1:41 AM

semoga caranya bekerja dengna baik gan

Post a Comment

Monday, March 12, 2012

Cara Sederhana Mempertajam Daya Ingat

     Seiring dengan bertambahnya usia, daya ingat seseorang semakin berkurang. Hal ini wajar karena semakin tuan, sel-sel otak manusia berkurang kemampuannya. Akan tetapi ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan daya ingat.

1. Makanan
      Asupan makanan berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang. Minyak ikan telah dikenal banyak orang dapat mempertajam daya ingat. Ada bahan makanan lainnya yang juga dapat mempertajam daya ingat, misal bahan berwarna merah dan ungu seperti blueberry, buah bit, dan bawang merah. Bahan makanan kaya asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat menjaga kesehatan otak.

2. Air Putih
     Fakta menunjukkan bahwa seluruh organ tubuh dapat berfungsi dengan baik ketika mendapat asupan air cukup, tidak terkecuali otak. Biasakan minum 6-8 gelas air putih sehari.

3. Tidur Cukup
     Tidur dibutuhkan agar sel-sel tubuh beristirahat dan bergenerasi termasuk sel-sel otak. Waktu tidur tidak harus lama, yang penting kualitas tidurnya. Tidur yang baik adalah tidur yang sehat dan berkualitas. Ketika bangun tidur badan dan pikiran anda fresh, menandakan tidur anda berkualitas. Oleh sebab itu, ciptakan kerja sama yang bagus antara fisik dan mental agar tidur anda sehat dan berkualitas.

4. Santai
     Beban pembelajran yang terlalu berat membuat kerja otak melemah dan sulit berkonsentrasi. Beristirahatlah sejenak ketika merasa sulit berkonsentrasi atau pikiran anda penat. Selama beristirahat lakukan kegiatan ringan seperti membaca buku atau mendengarkan lagu kesukaan anda untuk memulihkan kerja otak.

5. Olahraga
     Latihan fisik seperti joging dan aerobik dapat merangsang perbaikan sirkulasi darah. Sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan meningkatkan aliran oksigen ke otak yang sangay bermanfaat unutk mempertajam kemampuan berpikir.

6. Bertamasya ke Masa Lalu
     Melihat kembali hal-hal pada masa lalu secara tidak langsung melatih ingatan jangka panjang. Misal saat pulang kampung, cobalah memunculkan kembali kenangan masa kecil.

7. Berpikir
    Saat menghadapi ujian terkadangn pikiran menjadi tengang. Akibatnya anda susah menjawab soal-soal ujian, padahal semalam materi itu telah anda baca. Hal itu sangat menjengkelkan, bukan ? Jangan panik ! Ada cara mudah mengatasi hal itu. Tenangkan diri sesaat sambil memikirkan hal-hal ringan seperti jenis buah-buahan, jenis olahraga air, atau nama-nama sahabat. Aktifitas sederhana ini terbukti mampu membantu anda untuk lebih cepat mengingat hal penting yang anda lupakan.

8. Berpikir Lewat Gambar
    Gambar dapat mewakilli lebih dari 1.000 kata. Ungkapan itu tidak salah. Anda akan lebih mudah mengingat meteri pelajaran jika dibantu gambar. Gambar di sini tidak saja ilustrasi, tetapi dapat berupa diagram, tabel, atau skema.

9. Senam Otak
    Seperti halnya sel-sel otot, sel-sel otak perlu dilatih secara berkala. Caranya, buat tantangan atau tebak-tebakan untuk diri sendiri yang dapat mengasah ingatan. Misal menyebutkan judul lagu-lagu lama, mengingat bait puisi tertentu, atau menyebutkan 10 barang yang ada di kulkas.

10. Permainan Asah Otak
     Sepertinya kuran kerjaan jika melihat seseorang sedang mengisi teka-teki silang. Namun, tahukah anda kegiatan itu ternyata sangat bermanfaat ? Kebiasaan mengisi teka-teki silang yang tersedia di koran atau memainkan sudoku bermanfaat unutk meningkatkan daya ingat seseorang.

1 comment:

Visitors

free counters

Follow by Email

Sponsored Ads